#JabarKahiji

Apa jadinya kalau tim kesayangan kita yang sudah lama tidak berprestasi lantas berada di babak final? Tentu tanggung dan harus juara, bukan? Ya, itulah Persib dan Jawa Barat. Aktual, Jawa Barat berhasil meraih medali emas cabang olahraga sepak bola PON (Pekan Olahraga Nasional) XIX/2016 di Jawa Barat.

Pada awalnya, saya tidak terlalu optimis apakah Jawa Barat akan mampu meraih emas sepak bola PON XIX/2016 atau tidak. Bahkan jauh sebelum PON XIX/2016 itu sendiri. Maklum, setiap kesebelasan PON ini mengandung misteri karena jarang terlihat. Meskipun para petinggi Jawa Barat “menciptakan” kesebelasannya untuk “harus” meraih emas PON XIX/2016 sehubungan dengan provinsinya sebagai tuan rumah, saya menganggapnya biasa saja. Apalagi dalam salah satu pertandingan uji cobanya, Jawa Barat kalah telak 0-4 dari Jawa tengah.

Begitu pun ketika Jawa Barat melakoni pertandingan pertamanya di PON XIX/2016 ketika berhadapan dengan Jawa Tengah yang akhirnya dimenangkan tuan rumah 2-1. Setelah itu, pertandingan-pertandingan lainnya dilewati. Saya hanya mengamati hasil pertandingan itu keesokan harinya meskipun dunia online zaman ini sudah real time.

Sesekali saya hanya memerhatikannya ketika mengalahkan Sulawesi Selatan 4-2. Selanjutnya, Jawa Barat memang menciptakan rekor sempurna.

Memasuki babak semifinal, saya menganggap 50:50 melawan Papua. Bersyukur, Jawa Barat menang 3-1. Nah, ketika memasuki babak final itulah, saya menunggu-nunggunya sejak kemarin. Jarang-jarang he he he.

Tadi, di babak final, pertandingan Jawa Barat melawan Sulawesi Selatan begitu menegangkan. Bahkan lebih menegangkan daripada Persib. Maklum, Persib sudah pernah juara Liga (Super) Indonesia lagi pada tahun 2014. Saat itu, ketika babak semifinal melawan Arema dan babak final melawan Persipura, apalagi melalui adu tendangan penalti, saya pun merasakan tegang juga.

Kini, lebih tepatnya tadi, saya merasa tegang ketika Jawa Barat sempat kalah. Namun, akhirnya, Jawa Barat pun menang adu penalti melawan Sulawesi Selatan 5-4.

Alhamdulillah. Kini, Jawa Barat menjadi tuan rumah. Jawa Barat menjadi juara umum. Jawa Barat meraih medali emas sepak bola PON XIX/2016. Persib pun juara LSI 2014. Saya benar-benar mengalami. Kaalaman. Tidak semua orang mengalami. Terima kasih ya Allah.

Tinggalkan Balasan

