Khawatir Keindahan Pemandangan Jalur Pantai Selatan Jawa Barat Sirna

Pekan ini, di Indonesia, kita menghadapi libur panjang. Kitaaa? Elu kalee he he he. OK, saya lanjutkan ya.

Salah satu tempat tujuan wisata di Jawa Barat yaitu kawasan pantai selatan Jawa Barat. Saya sebut sepanjang Palabuhanratu (di barat) sampai Pangandaran (di timur). Pemandangannya indah. Hampir sepanjang jalan pantai selatan terdapat pantai di sebelah selatan dan perkebunan (atau lahan kosong yang berumput) serta perbukitan/pergunungan di sebelah utara.

Sebagai warga Bandung, kini, kita pun bisa menjalaninya ke arah sana. Paling tidak, ada dua jalur. Pertama, jalur Bandung-Banjaran-Pangalengan-Talegong-Cisewu-Rancabuaya. Kedua, jalur Bandung-Soreang-Ciwidey-Rancabali-Naringgul-Cidaun.

Kabarnya, saya sebut kabarnya karena belum memeriksa perkembangannya, di sepanjang jalan pantai selatan, kini, sudah tersedia bus kota DAMRI Pangandaran-Palabuhanratu meskipun masih sebanyak dua bus. Kabarnya pula, ke depan, akan masuk beberapa merek bus swasta lainnya. Mungkin juga moda transportasi lainnya. Tentu saja, jika kawasan ini berkembang dan diharapkan berkembang.

Namun demikian, ke depan, saya justru khawatir dengan keberadaan jalur pantai selatan ini. Bayangkan, jika kita berjalan dari barat ke timur, di sebelah kanan (selatan) kita bisa memandang laut dari kejauhan. Jaraknya kira-kira 100-500 meter tergantung pada keberadaan daerahnya. Sementara di sebelah kiri (utara) kita pun bisa menyaksikan perkebunan/perbukitan/pegunungan. Tampak indah, bukan?

Lalu apa yang saya khawatirkan? Tentu saja kalau kawasan ini berkembang, mungkin pemandangan itu akan tertutup. Coba saja perhatikan di jalur pantai utara (pantura). Ya, laut utara tampak tertutup oleh bangunan-bangunan sehingga bagi orang-orang “baru” tentu saja tidak tahu bahwa di belakang gedung-gedung itu terdapat laut.

Ya, bagaimana lagi, mungkin itulah perkembangan yang wajar meskipun sebetulnya bisa ditata.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: