Selamat Hari Jadi ke-205 Kota Bandung

Pada tanggal 25 September 2015 ini Kota Bandung genap berusia 205 tahun. Itu berarti bahwa pendirian Kota Bandung dimulai pada 25 September 1810. Penanda hari jadi atau hari ulang tahun Kota Bandung pada 25 September itu dimulai sejak 1998 melalui Peraturan Daerah (Perda) Kota Bandung No. 1 tahun 1998. Sebelumnya, HUT Kota Bandung diperingati setiap tanggal 1 April (1906).

Seiring dengan bertambahnya usia Kota Bandung, berbagai perubahan, syukur-syukur kemajuan, mengiringinya. Namun demikian, hal-hal negatif pun turut mewarnainya. Ya, ibarat ucapan selamat antara “HUT ke-205 Kota Bandung” dan “HUT Kota Bandung ke-205”. Setiap tahun penulisan itu selalu muncul. Ibarat pujian-kritikan yang tak kunjung usai. Sebuah fakta kehidupan.

“HUT ke-205 Kota Bandung” bermakna bahwa Kota Bandung genap menginjak usia yang ke-205 tahun. Sementara “HUT Kota Bandung ke-205” bermakna bahwa Kota Bandung itu terdiri dari Kota Bandung ke-1, Kota Bandung ke-204, Kota Bandung ke-205, Kota Bandung ke-206, dan seterusnya. Padahal kita mengetahui bahwa Kota Bandung itu hanya ada satu, tidak lebih.

Sebagai warga kota Bandung, saya masih memiliki kebanggaan pada kotanya. Salah satu ciri khas kota Bandung yaitu kesejukannya. Meskipun kini lebih panas daripada tahun-tahun sebelumnya, kota Bandung masih dianggap sejuk.

Sebagai contoh, di mana pun kalau berjalan kaki, kita akan berkeringat. Namun, ketika berjalan kaki di kota Bandung, meskipun berkeringat, keringatnya tidak lengket. Ya, begitulah makna kesejukan bagi saya. Dampaknya, kota Bandung menjadi destinasi (tempat kunjungan) wisata, baik warganya maupun pendatang.

Selamat hari ulang tahun ke-205 Kota Bandung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: