Semangat Bandung Lautan Api adalah Semangat Perlawanan

Selamat pagi, Bandung! Hari ini, Selasa, 24 Maret 2015, kita memperingati 69 tahun peristiwa Bandung Lautan Api (BLA). Lega rasanya saya mendengarkan pernyataan Prof. Dr. Hj. Nina Herlina Lubis, MS, sejarawan Unpad, dalam wawancara di PRFM yang mengatakan bahwa peristiwa Bandung Lautan Api di satu sisi dan M. Toha di sisi lain merupakan dua peristiwa (moment) yang berbeda. Kita mengetahui bahwa peristiwa Bandung Lautan Api terjadi pada 24 Maret 1946 dan peristiwa peledakan gudang mesiu oleh M. Toha terjadi pada 11 Juli 1946. Tampak ada jeda hampir empat bulan.

Bagi saya, pernyataan itu makin menegaskan pengetahuan yang saya baca di koran Pikiran Rakyat edisi Sabtu, 24 Maret 2007. Tampak sembilan tahun yang lalu, suatu kurun waktu yang bisa dianggap “kelalaian” kita, khususnya saya pribadi, yang terkesan tidak peduli dengan sejarahnya.

Ya, selama ini, pada masa itu, tampaknya masih ada “kaitan yang melekat” yang mengatakan bahwa peristiwa Bandung Lautan Api 24 Maret dan M. Toha merupakan satu kesatuan. Maksud saya, disebut satu kesatuan sebagai keterkaitan, iya. Namun, terkesan bahwa M. Toha gugur dalam peristiwa Bandung Lautan Api itu. Nah, berdasarkan informasi di koran Pikiran Rakyat edisi Sabtu, 24 Maret 2007, itulah “kaitan yang melekat” itu terbantahkan, salah satunya dalam wawancara tadi.

Lalu, apa makna peristiwa Bandung Lautan Api bagi saya? Semangat Bandung Lautan Api adalah semangat perlawanan. Contoh: seandainya kita ditilang, masa harus menyuap polantas. Mengapa kita bekerja sama dengan “penjajah”? Mestinya kita melawan. Minimal, bertanya mengapa kita ditilang. Masa bertanya saja takut? Masa jalan raya macet saja kita malah menyerah dengan cara melintasi trotoar? Sebetulnya, konteksnya bisa di mana saja. Ketika di-pungli di kantor pelayanan publik, misalnya. Ya, mari kita introspeksi diri.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: