“Obrolan Pembaca Media Indonesia” Januari 2015: “The Rise of Majapahit” (1)

Senin, 26 Januari 2015, waktu tepat menunjukkan pukul 20.41 WIB. Tampaknya, saya refleks melihat petunjuk waktu tersebut. Waktu ketika saya sudah menuntaskan bab terakhir buku “The Rise of Majapahit” karya Setyo Wardoyo. Bab 18 yang merupakan bab terakhir itu berakhir di halaman 380. Sebelumnya, saya sudah membaca halaman i s.d. xxvi dan halaman 381 s.d. 399.

Alhamdulillah, upaya saya berhasil untuk menuntaskan buku setebal itu selama kurang dari seminggu. Mengapa saya berupaya untuk menuntaskan membaca buku “The Rise of Majapahit” itu hanya kurang dari sepekan? Alasannya, saya berkeinginan untuk membaca ulang. Selain itu, tentu saja untuk memenuhi pesan panitia berhubung saya dan (mungkin) beberapa peserta lainnya bertindak sebagai peserta inti.

Saya berencana untuk mengikuti bedah buku “The Rise of Majapahit” dalam “Obrolan Pembaca Media Indonesia” bulan Januari 2015 pada Sabtu, 31 Januari 2015 di Toko Buku Gramedia Matraman, Jalan Matraman Raya No. 46-50 Jakarta Timur.

Dari beberapa kali keinginan untuk berpartisipasi dalam “Obrolan Pembaca Media Indonesia”, OPMI Januari 2015 inilah yang akhirnya saya eksekusi. Paling tidak, ini merupakan salah satu rangkaian “Tahun Literasi” yang saya canangkan pada 2015.

Semua berawal pada “ajakan” dalam rubrik “Jendela Buku” koran Media Indonesia edisi Minggu, 11 Januari 2015. Saya pun tertarik dan kemudian mengirimkan email pada 15 Januari 2015. Dalam perkembangannya, dua kali pihak Media Indonesia menelepon saya untuk mempertanyakan kedatangan bukunya dan sekaligus menyampaikan jadwal acaranya. Buku itu pun tiba pada Rabu, 21 Januari 2015 pukul 16.33 WIB.

Pada awalnya saya merasa “kaget” karena acara tersebut diselenggarakan di Jakarta. Namun, karena saya sudah meng-iya-kan, saya pun harus memenuhi akad (janji)-nya. Seperti biasa, selama saya bisa. Mudah-mudahan saya akan berada di sana pada Sabtu, 31 Januari 2015.

1 Comment »

  1. 1

    Release yang bagus sekali dari sahabatku Mas Novan Herfiyana. Terima kasih..


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

