Shalat Jumat di Masjid Agung Bandung Pada Hari yang Bersejarah (17 Agustus 2012/28 Ramadhan 1433 H.)

Jumat, 17 Agustus 2012. Tepat hari ini, keinginan saya tercapai. Keinginan apa? Ya, tepat di bulan Ramadhan 1433 H., saya berkeinginan untuk melaksanakan shalat jumat di Masjid Raya Bandung Propinsi Jawa Barat —sebelumnya dikenal lama sebagai Masjid Agung Bandung. Kebetulan pula, ketika saya melaksanakan shalat jumat siang tadi, tepat di hari ulang tahun (HUT) ke-67 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sebetulnya, keinginan saya untuk melaksanakan shalat jumat di Masjid Agung Bandung sudah direncanakan pada minggu pertama bulan Ramadhan 1433 H. Namun, kesempatan itu baru bisa terlaksana pada minggu keempat atau minggu terakhir di bulan Ramadhan 1433 H. Kalau waktunya sudah lewat, kapan lagi saya ber-shalat jumat di bulan Ramadhan 1433 H. Mau tidak mau, paling-paling bulan Ramadhan 1434 H., setahun kemudian. Alhamdulillah,tahun ini bisa terlaksana. Di hari bersejarah lagi. Bukan sekadar bersejarah, tetapi benar-benar bersejarah ketika proklamasi kemerdekaan RI dikumandangkan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Perjuangan saya (ah, lebay he he he), ya katakanlah seperti itu, untuk tiba di Masjid Agung Bandung hampir saja terkendala waktu. Ya, saat tadi, saya berada di Perumnas Sarijadi. Dari Sarijadi ke Masjid Agung Bandung yang berlokasi di kawasan Alun-alun Bandung, saya harus naik dua trayek angkot, yaitu angkot Stasiun Hall-Sarijadi ke arah Stasiun (Hall) Bandung dan angkot Stasiun Hall-Gedebage ke arah Pasar Induk Gedebage, tetapi turun di Masjid Agung Bandung.

Sebagaimana diketahui, jadwal shalat jumat di Kota Bandung, yaitu pada pukul 11.55 WIB. Sementara saya baru naik angkot Stasiun Hall-Sarijadi pada pukul 11.09 WIB. Bersyukur, lalu lintas jalan raya cukup lengang. Tidak seperti biasanya. Mungkin pada mudik. Meskipun begitu, Pak Sopir menjalankan angkotnya agak santai. Cari-cari penumpang. Wah, was-waslah saya meskipun di-rileks-rileks-kan. Mengapa? Ya, karena saya memiliki rencana B. Apa itu? Tentu saja shalat jumat di Masjid Persis di Viaduct. Itu tuh, masjid yang dekat jembatan kereta api di kawasan Viaduct. Viaduct kan artinya jembatan di atas jalan.

Bersyukur. Angkot Stasiun Hall-Sarijadi tiba juga di Stasiun (Hall) Bandung pada pukul 11.43 WIB. Itu artinya, sisa waktu tinggal 12 menit lagi. Di Terminal Stasiun Hall, saya harus naik angkot Stasiun Hall-Gedebage. Namun, ah tampaknya tidak ada waktu. Apalagi angkot ini akan terhambat oleh keramaian pusat-pusat perbelanjaan, seperti di kawasan Pasar Baru Bandung, jalan Kepatihan, dan Jalan Dalem Kaum. Apalagi, keramaian itu terutama karena ada kegiatan belanja menjelang Lebaran. Karenanya, saya pun memutuskan untuk berjalan kaki saja. Wuih, jalan kakinya cepat sekali meskipun sesekali terhambat oleh kerumunan orang plus PKL dan angkot. Meskipun begitu, saya masih tetap taat hukum (tidak begitu-begitu amat sih, tetapi diupayakanlah sesering mungkin).

Ya, tadi siang, dari Terminal Stasiun Hall, saya berjalan menelusuri Jalan Suniaraja, Jalan Pasar Baru selatan, menyeberang Jalan Oto Iskandardinata melalui jembatan penyeberangan (kalau orang lain mah kayaknya ke bawah saja), Jalan ABC, Jalan Banceuy, menyeberang Jalan Asia Afrika melalui jembatan penyeberangan (nah di sini baru banyak orang yang melalui jembatan penyeberangan ini meskipun ada satu-dua penyeberang yang melalui jalan bawah), dan sampailah saya di Alun-alun Bandung. Ternyata, saya berjalan dari Terminal Stasiun Hall ke Masjid Agung Bandung mencapai 10 menit alias pada pukul 11.53 WIB. Itu artinya, dua menit menjelang masuk waktu shalat jumat.

Akhirnya, singkat cerita, keinginan saya untuk shalat jumat di bulan Ramadhan 1433 H. Tercapai. Setelah selesai, saya pun bergerak ke luar. Saya ingin mencoba naik menara masjid. Setelah membeli tiket Rp 2.000,- (dua ribu rupiah), saya pun sejenak menikmati pemandangan Kota Bandung dari atas menara masjid. Ya, begitulah….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: